Archive for August, 2008

Creative?

Posted in Creativity & Innovation with tags , , on August 31, 2008 by Primo

Sebenarnya, apa sih kreativitas itu? Kalau menurut Wikipedia Indonesia sih, “kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.” Jadi, kira-kira kreativitas itu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang baru, atau memodifikasi sesuatu yang telah ada sebelumnya. Begitu mungkin ya?

Terus, kenapa kita perlu kreativitas? Hmm, kalo dilihat dari definisi kreativitas yaitu menghasilkan sesuatu yang baru atau memodifikasi sesuatu yang telah ada sebelumnya, berarti kreativitas itu diperlukan supaya ada yang namanya perubahan di dunia ini. Coba bayangin, kalau dulu nggak ada kreativitas dari James Watt buat bikin mesin uap, mungkin sampai sekarang segala sesuatu masih dikerjakan secara manual atau pakai tenaga hewan. Tapi, setelah muncul ide mesin uap itu, mulai lah semuanya BERUBAH. Mulai terbentuk industri-industri sampe akhirnya terus berkembang sampai saat ini. Atau kalau Wright bersaudara nggak punya ide kreatif buat bikin yang namanya pesawat, nggak bisa kita bepergian ke luar negeri kayak sekarang ini. Ya, berarti memang kreativitas itu membawa sebuah perubahan bagi dunia.

Nah, dari perubahan-perubahan itu lah yang akhirnya membawa warna bagi hidup kita. Kalau nggak ada yang berubah dari jaman dulu sampai sekarang, bosen banget nggak sih? Pastinya ya. Nah, makanya mulai dari sekarang kita harus kreatif supaya hidup kita lebih berwarna! Oke?

Advertisements

Trial

Posted in Random Notes on August 30, 2008 by Primo

Welcome!

Welcome to my blog! Actually, this is not my first blog.. Hmm, kalo dipikir-pikir kayaknya saya udah punya banyak banget blog, tapi ditelantarkan semuanya gitu.. Ya, ya, ya.. Kalo yang ini, sepertinya bakal aktif buat beberapa bulan ke depan, soalnya blog ini khusus diperuntukkan buat tugas-tugas mata kuliah Creativity & Innovation.. Yes, ini blog tugas! Hahaha.. Tapi, ya namanya kan Creativity & Innovation, katanya kita dikasih kebebasan buat berekspresi di sini buat ngeluarin kreativitas dan inovasi.. Jadi ya bebas saja lah di sini..

Tugas pertama itu katanya disuruh menjelaskan “apa itu kreativitas?” dan “mengapa kita perlu kreatifitas?”.. Hmm, sulit juga ya sepertinya? Hehehe.. Ya later on lah saya jawab pertanyaan itu, di posting selanjutnya.. Ini kan cuma trial.. Hehehe.. Oke?